skip to Main Content
ITKM

Konferensi Pers kegiatan “International Toba Kayak Marathon di Lumban Bulbul – Balige”

Bertempat di Pantai Pasir Lumban Bulbul, Jumat siang 17 Nopember 2017 dilakukan Konferensi Pers kegiatan International Toba Kayak Marathon. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penyebarluasan informasi terutama kepada awak media dan masyarakat sekitar.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Tobasa – Ir. Darwin Siagian yang dalam sambutannya menyatakan sangat meng-apresiasi kegiatan ini. Beliau juga menghimbau agar seluruh masyarakat Tobasa mendukung kegiatan ini agar nantinya melalui event ini, Tobasa dapat semakin lebih di kenal di Nusantara maupun mancanegara. Bupati juga menambahkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan berharap dapat menjadi ikon olahraga wisata di Tobasa apalagi banyak sektor dan stakeholder yanga akan terlibat dalam kegiatan ini.

Ketua Pelaksana kegiatan ITKM – Simson Panjaitan, S. Hut, MSc menyebutkan bahwa event ini akan terlaksana pada 24 sd 26 Nopember 2017 dengan tema : Kayak on the top of Supervolcano. Event ini di-“launching” oleh Kemenpar pada 20 Maret lalu di Jakarta serta merupakan event perdana dilaksanakan di Danau Toba. Namun peserta dari nasional dan mancanegara nampaknya cukup antusias untuk ikut serta hingga saat ini tercatat sebanyak 84 peserta kayak sudah menyatakan akan hadir. Adapun peserta dari mancanegara antara lain dari Ceko, Spanyol, Singapura dan terbanyak dari Malaysia. Di samping kayak kategori tunggal dan twin, event perdana ini juga akan menampilkan atraksi perahu tradisional (“solu”), lomba foto-selfie serta didukung penampilan seni-budaya Toba Samosir.

itkm2 itkm3
Adapun jadual pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pembukaan, gala dinner persembahan seni budaya serta persiapan pengenalan medan oleh para peserta pada 24 Nopember 2017. Kemudian pada tanggal 25 Nopember 2017 dilakukan perlombaan dengan menempuh rute Bulbul2 – Lumban Silintong (Cek Point 1) – Sigaol Barat (Cek Point 2) – Marom (Cek Point 3) – kembali ke Bulbul 2. Pada tanggal 26 Nopember dilakukan wisata kayak ke Situmurun dan sore hari dilakukan penutupan dan galadiner.

Ultri Sonlahir Simangunsong – Kadis Pariwisata dan Kebudayaan menyebutkan bahwa kegiatan yang sudah direncanakan sejak akhir Desember tahun lalu pada awalnya dijadual pada Juli 2017. Namun mengingat kendala anggaran kemudian dijadual ulang menjadi 24-26 Nopember 2017.
“Kami berterimakasih kepada para pihak seperti Kemenpar, Disbudpar Provsu, Polres Tobasa, Basarnas, PT. Bank Sumut, PT. TPL, PT. Inalum, PT. Bajradaya serta mitra lainnya. Juga kepada seluruh SKPD yang sudah bekerja keras dan mendukung penuh kegiatan ini serta tentu saja kepada seluruh media dan jurnalis yang ada di Tobasa,” tambah Pak Kadis Pariwisata.

Setelah selesai acara konferensi pers dilanjutkan dengan “test drive” kayak di Pantai Lumban Bulbul. Pada kesempatan ini, Pimpinan Bank Sumut Cabang Balige, – Hendri Gultom serta Ibu Misnah Shalihat dari Disbudpar Provsu dengan cekatan melakukan beberapa gerakan manuver kayak dihadapan para wartawan yang juga kelihatan ingin mencoba mengawaki kayak.

Hadir pada acara Konfrensi Pers tsb antara lain : Bupati Tobasa – Ir. Darwin Siagian, Wkl Bupati – Ir. Hulman Sitorus MM, Plt. Sekdakab Tobasa, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Kadis Lingkungan Hidup, Plt. Kadis Pendidikan, Kabag Humas Setdakab Tobasa, Kacab Bank Sumut Balige, Ibu Ketua PKK, KAPOLSEK Balige, Pokdarwis Lumban Bulbul, Pemilik Homestay Lumban Bulbul, Kepala Desa Lumban Bulbul, serta sejumlah Wartawan Tobasa.

Demikian disampaikan oleh Fasilitator Pariwisata Tobasa – Ir. Sahat Butarbutar, SH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top