skip to Main Content
Asahanriver

Sungai Asahan: Arung Jeram Terbaik ke-3 di Dunia Detail Lihat di Peta Review

Mengalir dari Danau Toba, Danau Kawah terbesar di dunia, melewati Bendungan Sigura-gura yang mengejutkan, melewati lembah pegunungan Bukit Barisan, sebelum mengalir ke Selat Malaka di Teluk Nibung, Sungai Asahan bukan hanya sebuah sungai besar di Sumatera Utara, tetapi juga seolah tak ada habisnya kegembiraan untuk penggemar arung jeram.

Berpusat di Kecamatan Bandar Pulau di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, jalur Sungai Asahan disebut-sebut sebagai  arung jeram terbaik ke-3 di dunia, cuma setingkat di bawah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Arung jeram Sungai Asahan merupakan aliran 22 Kilometer dari aliran adrenalin yang tak berujung,  dimulai tepat di depan bendungan Sigura-gura di Tangga desa dan berakhir di kota Bandar Pulau yang muara sungai. Aliram sungai Asahan adalah luar biasa cepat dan terus menerus dengan debit airnya mencapai hingga 120 meter per kubik per detik. Dengan kedalaman rata-rata 5 meter, karakteristik sungai yang canggih dan derasnya arus telah membentuk perjalanan yang memiliki tingkat kesulitan kelas 4-5 (dalam skala 1 sampai 6). Hal inilah yang membuat Sungai Asahan menjadi arung jeram adegan kelas dunia, karena cocok untuk tingkat profesional atau ahli dari seluruh dunia.

Perjalanan arung jeram dibagi menjadi empat bagian dengan berbagai karakteristik dan tingkat kesulitan. Hanya dari pintu air dari Bendungan Sigura-gura sepanjang jalan ke Jembatan Parhitean, para ‘Never-Ever-Ends’ adalah bagian pertama dari sungai.

Setiap tahun, sungai ini menjadi tempat penyelenggaraan event Arung Jeram internasional: The Asahan arung Festival (AWF). Diadakan sejak tahun 2000, acara ini awalnya difokuskan hanya pada kejuaraan Kayak International hingga tahun 2003.

Kejuaraan arung Kayak diikuti oleh kayakesr kelas dunia dari seluruh dunia. event ini dibagi menjadi 3 kategori: head to head, menyusuri sungai dan rodeo. Acara ini telah mencatat banyak nama besar dalam kayakaing internasional: seperti Tao Berman, Jay Kincaid, Mike Abbot, Jared Meehan, Alan Ellard dan banyak lagi.

Untuk bergabung dengan grup arung jeram di Asahan, sebaiknya untuk mendaftar dengan salah satu penyelenggara profesional.

SUMATERA ECO VENTURE
Jln. Sadar Barat 135 Sekip Lubuk Pakam 20517, Sumatera Utara

Telepon / fax: + 62-61-7955370

Mobile Phone: +81361662616

Alamat e-mail: info@sumateraecoventure.com, ahmadlisawan@yahoo.com, poliecoventure@gmail.com

Website: http://www.sumateraecoventure.com/

Mencapai Lokasi

Meskipun Anda dapat menggunakan bus atau angkutan umum, cara terbaik untuk mencapai Sungai Asahan adalah dengan menggunakan mobil sewaan. Dari Medan, ibukota Sumatera Utara, ada dua rute alternatif untuk mendapatkan ke lokasi. Yang pertama adalah dari Bandara Kualanamu di Medan ke Kisaran dan ke Bandar Pulau. Dari kota Bandar Pulau, perjalanan dilanjutkan ke Desa Tangga. Jarak yang ditempuh adalah sekitar 90 km dan akan membutuhkan waktu sedikit lebih dari 4 jam.

Yang kedua menggunakan rute Medan-Porsea . Dari Bandara Kualanamu Medan menuju ke kota Porsea di Kabupaten Toba Samosir, dengan mengambil jalan utama Sumatera bagian tengah yang kira-kira 200km atau berjarak sekitar 5-6 jam. Dari Porsea, perjalanan ke Desa Tangga akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Mengambil rute ini, Anda akan disajikan dengan pemandangan indah Danau Toba.

Penginapan

Jika Anda ingin tinggal di dekat Sungai Asahan, penduduk setempat di dekat daerah biasanya menyewakan rumah mereka kepada pengunjung. Logistik, namun perlu dikumpulkan sebelum melakukan perjalanan Anda. Ada banyak pilihan akomodasi di sekitar daerah ini. Berikut adalah salah satunya:

Tobatransporter Guesthouse
Telepon: +6285261492668
Email: tobatransporter@hotmail.com

Sumber : pedomanwisata.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top