skip to Main Content

KOMUNITAS SENI BUDAYA KREATIF TOBA SAMOSIR

Pagi ini, Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.Tobasa kedatangan beberapa anak muda Batak yang menamakan tim nya Komunitas Seni Budaya Kreatif Toba Samosir(KSBK).
Mereka datang dalam rangka permohonan inventarisasi di Disbudpar Tobasa.
Sembari membawa persyaratan dokumen,mereka juga menyerahkan souvenir berupa lukisan timbul lokasi wisata Tara Bunga Balige, salah satu hasil karya dari sanggar seni lukis binaaan komunitas, yang diserahkan langsung kepada Kadis Budpar Tobasa, Bapak Ultri Sonlahir Simangunsong, ST,MT.
Pimpinan komunitas, Bapak Martin menjelaskan bahwa komunitas ini memiliki visi misi mengangkat dan mengembangkan seni, budaya dan pariwisata Batak yang diapresiasikan dalam bentuk kesenian tradisional dan modern. Komunitas ini menaungi dan membimbing beberapa sanggar seni Batak Toba di Kab.Tobasa yang bergerak di bidang seni musik, seni tari, seni peran, seni suara, seni ukir dan seni lukis.
“Komunitas ini didirikan dan dikelola oleh putra daerah yang rindu akan pengembangan dan pelestarian budaya daerah yang mulai luntur oleh kemajuan jaman. Bila kita membuka mata, sungguh miris menyadari bahwa banyak anak muda yang tidak peduli bahkan tidak mengenal seperti apa budaya daerahnya. Untuk itu, kami hadir untuk mengenalkan kembali seni dan budaya tersebut melalui berbagai program kegiatan seni dan budaya sembari menggali potensi dan bakat seni mereka yang terpendam”, ujar Bendahara KSBK, Ibu Irena Tampubolon.
Komunitas ini berdiri pada tanggal 12 November 2015 dan berlokasi di Jl.Tandang Buhit Gg.Cemara No 07, Balige dan sudah berbadan hukum.
Sejak berdirinya, komunitas ini sudah berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya dan telah mendapatkan respon positif dari masyarakat.
Dalam waktu dekat, akan diadakan deklarasi komunitas, yang berupa pengenalan secara formal kepada pemerintah, lembaga maupun masyarakat luas. Dimana dalam acara nanti, akan diselenggarakan juga berbagai pertunjukan seni dan budaya Batak.
Bapak Rencana Simbolon,S.Pd selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Penyelenggaraan Kesenian Disbudpar Kab. Tobasa menyarankan agar KSBK tetap konsisten dan berkomitmen dalam menjalankan visi misinya. Diharapkan juga agar KSBK menjadi mitra pemerintah khususnya Disbudpar Kab.Tobasa dalam mengembangkan seni dan budaya Batak yang siap sedia di setiap penyelenggaraan seni yang diadakan oleh Pemkab Tobasa.

Pewarta/foto : Devy Marpaung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top