skip to Main Content
076995800 1483871893 20170108 Menhub Tinjau Proyek LRT Jabodetabek Afandi 3

HomeBisnisEkonomi Kemenhub Kucurkan Rp 1,06 Triliun untuk Benahi Transportasi di Toba

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,06 triliun pada 2020 untuk pembangunan dan pengembangan sektor transportasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Dana besar tersebut sengaja disediakan guna meningkatkan konektivitas transportasi untuk mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan membangun 12 dermaga penyebrangan di Danau Toba. Antara lain di daerah Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan.

“Bersamaan itu kita bangun 12 dermaga, lalu ada dua kapal RoRo. Saya pikir akan masif sekali. Toba akan menjadi danau yang sibuk hubungan satu tempat dengan yang lain. Nanti terminal itu akan ada bangunan-bangunan tematik Batak dengan kuliner budaya dan lainnya,” tuturnya dalam sebuah pernyataan tertulis, Selasa (15/10/2019).

Selain dermaga penyeberangan, ia melanjutkan, pihaknya juga akan menyiapkan angkutan darat untuk menunjang konektivitas transportasi, baik dari Silangit-Ajibata maupun dari Silangit ke kawasan Kaldera yang baru saja diresmikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

“Yang mau kita sediakan itu bus pariwisata dari Silangit ke Ajibata dan Silangit ke Kaldera. Itu nanti kita lihat kebutuhannya apa di Danau Toba. Kita akan mensubsidi mereka. Katakanlah mustinya angka ekonomis berapa Rp 20 ribu, nanti kita subsidi supaya terjangkau dan mudah,” tandasnya.

 

 

Sumber: www.liputan6.com/bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top